Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 21 Agustus 2011

Panduan Pendaki Bertahan Hidup Kala Tersesat Di Hutan Gunung

Bagi para pendaki gunung ataupun penjelajah, masuk hutan bukanlah hal yang menakutkan atau mengerikan, tapi bagi kita yang bukan seorang penjelajah ataupun pendaki gunung, tersesat di hutan adalah hal yang paling di takuti apabila kita ikut tour naik gunung ataupun ke hutan.

Sekarang, jangan panik ataupun takut bila tersesat di hutan. Menurut suku pedalaman di Sumatera, jangan takut bila tersesat, yang kita perlukan hanyalah belajar dari monyet. Jika sudah di hutan perbekalan Anda habis, makanlah buah-buahan yang ada di hutan yang dimakan monyet, karena buah yang dimakan monyet pasti tidak beracun, tapi jangan makan buah yang tidak mau dimakan monyet karena buah itu beracun.

Lalu jangan khawatir bila tidak bisa memastikan mana timur dan barat. Tipsnya adalah, lihatlah ujung pohon di kawasan hutan itu. Ujung pohon umumnya akan condong ke arah matahari terbit. Jika tidak terlihat jelas, maka tips lainnya adalah melihat lumut di bagian bawah pohon. Lumut yang paling tebal dan hijau, itu pasti bagian timur.

Sedangkan lumut yang tidak terlalu tebal, dipastikan di arah barat. Kalau kita kehausan di tengah hutan dan tidak menemukan sungai, minum saja air dalam lubang sepanjang di dalam lubang ada jentik-jentik nyamuk. Kalau jentik nyamuk saja bisa bertahan hidup dalam air itu, maka kita juga bisa meminum airnya, tapi jika ada air yang bening, namun tidak ada jentiknya, jangan coba-coba untuk kita minum, bisa jadi air itu ada racunnya.

http://www.tdwclub.com/panduan-pendaki-bertahan-hidup-kala-tersesat-di-hutan-gunung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar