Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 31 Oktober 2012

Goa Kiskendo



Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ada goa yang namanya Goa Kiskendo. Goa yang terletak 15 kilometer ke arah selatan dari kota Kendal, tepatnya berada di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal ini, panoramanya masih alami dan indah.

Untuk menuju ke Goa Kiskendo, pengunjung bisa mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda empat. Sarana jalan menuju ke lokasi yang sangat baik, menjadi nilai tambah bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam Goa Kiskendo.



Kalau dari arah selatan, bisa melalui jalur Kecamatan Boja. Sedangkan bila melalui arah utara, pengunjung bisa lewat jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer.
Selama perjalanan menuju Goa Kiskendo, wisatawan akan disuguhi jalan naik turun serta berkelok-kelok dengan pemandangan alam yang indah di kanan kiri, serta udara yang menyejukkan. Pasalnya, Goa Kiskendo ini terletak di daerah dataran tinggi dengan lingkungan alam masih alami dan asri, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Sesampainya di lokasi Goa Kiskendo, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per orang. Begitu masuk kawasan goa, pengunjung bakal melihat pintu gerbang goa yang demikian besar dan lebar. Di sini pengunjung akan menjumpai pula bongkahan batu besar, susunan batu kapur berbentuk kerucut berdiri tegak di lantai goa (stalagmit) maupun batangan batu kapur yang terdapat pada langit-langit goa dengan ujung meruncing ke bawah (stalagtit).

Dengan adanya stalagmit dan stalagtit menambah keindahan dari Goa Kiskendo tersebut. Jika melangkah jauh ke dalam goa, pada ujung goa, pengunjung akan menjumpai sungai yang mengalir menembus perut bumi. Airnya terlihat sangat jernih, terutama pada musim kemarau, disertai suara air nan gemericik dan udara sekitar terasa sejuk, sehingga membuat betah pengunjung untuk berlama-lama berada di kawasan goa tersebut.

Selain Goa Kiskendo sebagai goa utama, di sekitarnya juga terdapat goa-goa kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Talangan, Goa Kempul dan Goa Kampret.
Pada musim durian, di sepanjang jalan sebelum masuk ke arah Goa Kiskenda, terdapat penjual buah yang terkenal lezat itu. Para penjual buah durian itu menjajakan dagangannya di tepi jalan dengan panorama hutan jati, sehingga bagi para pembeli yang menyantap buahnya di tempat, akan menambah sensasi tersendiri.
Selain itu, obyek wisata lain tak jauh dari Goa Kiskenda yang cukup terkenal adalah pemandaian air panas Gonoharjo. Lokasinya terletak di Kecamatan Limbangan. Para pengunjung, terutama yang mempunyai penyakit kulit, dapat memanfaatkan pemandaian air panas yang mengandung belerang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar