Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 Oktober 2012

Ini Dia 7 Wisata Minat Khusus di Indonesia

Wisata minat khusus saat ini banyak diminati wisatawan mancanegara. Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia pun memiliki banyak wisata minat khusus yang menarik seperti 7 wisata berikut.

Mungkin Anda sering mendengar tentang wisata minat khusus. Eits, tak hanya caving atau kuliner saja. Masih ada beberapa wisata minat khusus lain yang dimiliki Indonesia.

Wisata minat khusus itu, salah satunya, merupakan jurus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.



"Kita punya 7 wisata minat khusus yang sangat menarik yaitu sejarah dan budaya, alam dan ekowisata, kuliner dan belanja, MICE, olahraga dan rekreasi, cruise ship, dan spa," kata Menparekraf, Mari Elka Pangestu dalam acara Rapat Koordinasi Sinkronisasi Program Pemasaran Pariwisata 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Untuk wisata sejarah, Indonesia punya banyak sekali bangunan sejarah mulai dari candi hingga gedung-gedung bersejarah. Situs Sangiran, Candi Borobudur, Gedung Sate, hingga Museum Bank Mandiri.

Untuk budaya, Indonesia juga punya sejuta festival mulai dari upacara adat, seni rupa, tarian, wayang, hingga beragam tradisi yang bisa diikuti wisatawan.

Ekowisata pun juga menjadi wisata minat khusus. Sebabnya, kegiatan ramah lingkungan ini sedang menjadi trend di masa sekarang.

"Kuliner dan belanja juga tak dapat dipisahkan. Biasanya wisatawan mancanegara lebih suka kuliner lalu belanja, kalau wisatawan dalam negeri lebih suka belanja dulu baru makan," kata Mari sembari tertawa.

Indonesia juga mempunyai potensi besar untuk MICE. Oleh sebab itulah, Meeting, Intensive, Convention, Exhibition ini digolongkan dalam wisata minat khusus. Untuk pameran misalnya, Jakarta menjadi kota digelarnya beragam pameran internasinnal. Selesai pameran, tak sedikit peserta yang melanjutkan perjalanan dengan berwisata.

"Untuk olahraga ada golf, diving, cycling, trekking, hiking, dan adventure. Surfing dan diving terkenal di Indonesia," lanjut Mari.

Acara Tour de Singkarak adalah salah satu bentuk wisata minat khusus. Balap sepeda ini mengenalkan keindahan alam Sumatera Barat seperti Lembah Harau, Lembah Anai, dan lain-lain, kepada para peserta dari berbagai negara. Selain itu, ombak di Pantai Suluban, Bali dan Pantai Plengkung, Alas Purwo, telah menggoda para peselancar dunia.

Menyoal wisata cruise alias kapal pesiar, Indonesia dinilai potensial karena berbentuk kepulauan. Perairan Indonesia juga punya panorama super indah, mulai dari Raja Ampat sampai Batam-Bintan.

"Ada 10 pelabuhan yang akan dikembangkan dalam 3 tahun ke depan untuk melayani kapal pesiar yg besar," ucap Mari.

Event seperti Sail Morotai merupakan cara untuk mendatangkan kapal pesiar mancanegara. Mereka akan melihat keindahan laut Indonesia dan menyaksikan sendiri bentangan pantai nan memesona.

Terakhir, spa juga menjadi wisata minat khusus bagi wisatawan. Salah satu pulau yang menyuguhkan wisata spa adalah Bali. Mungkin Anda pernah dengar "Balinese massage", saat Anda dipijat menggunakan minyak esensial dari bahan-bahan tradisional khas Bali.

Itulah 7 wisata minat khusus di Indonesia. Wisata mana yang paling Anda suka?

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar